6 Aplikasi Chatting Terpopuler Di Android

Mendengar kata chatting pasti yang kita bayangkan adalah berkomunikasi dengan seseorang atau lebih dengan menggunakan media internet. Chatting itu pada umumnya obrolan berbentuk tulisan, tapi semakin berkembangnya tekhnologi media online, chatting-an tidak hanya terpaku pada bentuk tulisan saja. Sekarang ini seseorang dapat mengirimkan foto, berbagi lagu maupun video, bahkan yang paling baru sekarang adalah kita dapat menggunakan aplikasi chatting untuk menelepon. Tentunya untuk menggunakan fitur yang satu ini perangkat kita wajib kompatibel dengan aplikasi tersebut. Sebagai contoh; BBM android versi gingerbread tidak memiliki fitur BBM Voice jadi tidak akan bisa digunakan untuk bertelepon ria.

Playstore sebagai market resmi untuk mendapatkan beragam aplikasi gratis dan berbayar untuk perangkat android kita, sudah tentu memiliki begitu banyak pilihan aplikasi untuk chatting. Terpantau sekitar 700.000 lebih aplikasi chatting yang dapat kita unduh di playstore. jumlah ini tentunya akan semakin meningkat dari hari ke hari mengingat Google Inc. mempersilahkan kepada para pengembang untuk membuat aplikasi di playstore.

Pada dasarnya aplikasi chatting memiliki sebuah persamaan yaitu berfungsi untuk menghubungkan orang yang satu dengan yang lainnya. Aplikasi chatting di playstore jelas beragam. Ada yang memiliki fitur lengkap seperti yang disebutkan di awal-awal tadi. Ada juga aplikasi yang memiliki fitur yang biasa-biasa saja tetapi memiliki jumlah pengguna yang begitu banyak. Hal ini dapat terlihat dari jumlah unduhan yang bisa mencapai ratusan juta.

Berikut beberapa aplikasi chatting terpopuler di Android:

 1. Whatsapp
Siapa tidak kenal Whatsapp? Aplikasi ini merupakan aplikasi multi-platform. Whatsapp Messenger adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BBM. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.
Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di playstore. Kita dapat menggunakan aplikasi ini selama 1 tahun. Untuk tahun berikutnya kita dikenakan biaya  $0,98 USD. Sampai saat ini jumlah pengunduh di playstore mencapai 500.000.000+ unduhan.


 2.Facebook Messenger
Eittsss..Jangan lupakan aplikasi chatting yang satu ini. Facebook Messenger merupakan penunjang layanan Inbox di Facebook. Fitur yang dimiliki Facebook Messenger antara lain: chat head, chat lewat nomor telepon, sticker dan animasi, group chat, foto, video, voice note, file attachment dan lain-lain. Jumlah pengunduh di playstore mencapai 500.000.000+ unduhan.





 3. Wechat
Wechat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks ponsel yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa OS, seperti Android, Iphone, Blackberry, Windows Phone, dan platform Symbian.
Aplikasi chatting ini memiliki fitur unggulan Hold To Talk. Dengan fitur unggulan lainnya seperti; mencari teman dengan cara Add menggunakan ID,  Add dari Google Contacts, Shake, People nearby dan Hold Together yang hanya dimiliki oleh aplikasi wechat saja.  Selain itu we chat juga dilengkapi dengan sticker animasi lucu yang cukup banyak dan gratis, membuat chatting lebih menyenangkan. Sampai saat ini jumlah pengunduh di playstore mencapai 100.000.000+ unduhan.


 4. Line
Line adalah sebuah aplikasi penngirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, dan komputer. Line difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna Line dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain.
Line adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Naver. Sebuah perusahaan yang berbasis di negara Jepang. Sama seperti Wechat, jumlah pengunduh di playstore mencapai 100.000.000+ unduhan.




 5. Kakao Talk
Kakao Talk dirilis pada 18 Maret 2010 oleh Kakao Corp, perusahaan asal Korea Selatan. Pendirinya, Beom Soo Kim adalah mantan CEO NHN Corporation. Kakao Talk berbasis di Seoul, Korea Selatan. Sama halnya dengan Wechat dan Line, pengunduh di playstore mencapai 100.000.000+ unduhan.







 6. Blackberry Messenger
BBM saat ini menjadi aplikasi yang paling populer di Indonesia. Aplikasi yang baru muncul Oktober 2013 telah lama dinantikan oleh jutaan pengguna smartphone android dan iOS, dengan fitur yang cukup lengkap seperti kirim foto,video,dan dokumen secara cepat dan mudah memberikan nilai plus bagi aplikasi ini. Selain itu fitur multiplatfrom juga membuat aplikasi ini digemari oleh pengguna smartphone Android. BBM for Android juga memungkinkan untuk melakukan fitur yang ada di BBM pada blackberry. Saat ini fitur BBM channel dan Voice call sudah ditambahkan pada BBM for Android. Pengunduh di playstore mencapai 50.000.000+ unduhan.



Itulah 6 aplikasi chatting terpopuler di Android. Melihat perkembangan dunia internet yang terus bergerak maju, pemain baru pasti akan berdatangan. Tapi apakah para pemain baru dapat meruntuhkan hegemoni pemain lama? Maybe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & membaca blog saya, silahkan berkomentar.