Inilah Kelebihan Dan Kekurangan OS Android

Siapa yang tidak mengenal Android mungkin bisa dikatakan bener-benar gaptek. System operasi besutan mbah Google ini memang sedang digemari. Ponsel-ponsel yang memakai OS Android ini sangat laris manis di pasaran. Mulai dari brand terkenal macam Samsung, Sony sampai Nokia dan merek-merek lokal semisal Evercoss, berbondong-bondong menggunakan jasa Android untuk operating system mereka. Tapi tahukah Anda? Sistem operasi Android ini disamping memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Ibarat kata pepatah "Tidak ada sesuatu yang sempurna".

Saya sendiri sudah memiliki pengalaman menggunakan hp Android. Sejauh ini sudah 3 merek hp yang sudah saya jajal. 1 dari brand terkenal dan 2 merek lokal. Jujur saya puas tetapi masih ada beberapa hal yang saya anggap minus. Mungkin karena ke-3 hp Android yang pernah saya gunakan itu bertipe low-end. Tanpa berpanjang lebar mari kita ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android itu.

KELEBIHAN:

1. Android Bersifat Open Source
Open source berarti kita tidak perlu membayar untuk sistem operasi yang kita gunakan, juga memungkinkan kita untuk menciptakan software sendiri.
2. Tersedia banyak Aplikasi Gratis
Di market resmi Android yaitu Google Playstore banyak sekali aplikasi dan game gratis yang dapat kita unduh.
3. Bersifat Multitasking
Kemampuan multitasking memungkinkan kita untuk menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan. Misalnya menulis SMS sambil mendengarkan musik.
4. Interface Yang Elegan
Android memiliki tampilan yang sangat menarik sehingga kita tidak mudah bosan berlama-lama dengan gadget kita.
5. Kemudahan Dalam Notifikasi
Setiap kita mendapatkan misscall, SMS, chat baru, email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader akan selalu ada notifikasi.
6. Sinkronisasi Email
Jika kita memiliki email berupa gmail maupun yahoo maka kita dapat dengan mudah mengintegrasikan server dengan perangkat Android kita.
7. Widget
Berfungsi mempermudah penggunanya dalam melakukan setting atau memilih aplikasi yang akan kita jalankan.

KEKURANGAN:

1. Baterai Yang Cepat Habis
Tidak dapat dipungkiri kemampuan multitasking dapat menyebabkan pemborosan baterai. Tetapi tidak perlu khawatir, sekarang telah banyak aplikasi penghemat baterai di Playstore misalnya DU Battery Saver & Widgets. 
2. Koneksi Internet Yang Mahal
Menggunakan internet pada Android memang sedikit mahal. ini dikarenakan fitur dan aplikasi di Android selalu up to date. Sebaiknya kita menggunakan SIMcard yang menyediakan paket internet murah agar kita dapat terus berselancar di dunia maya. 
3. Iklan
Aplikasi gratisan akan selalu memunculkan iklan setiap kita mengaktifkan internet.
4. Pengoperasian Yang Rumit
Apabila kita baru mengoperasikan gadget Android, sebagian orang merasa kesulitan untuk menemukan fitur yang biasa dilakukan dengan hp sebelumnya. Tapi seiring berjalannya waktu hal tersebut akan mudah dilakukan seperti kata pepatah 'ala bisa karena biasa'.

Itulah sebagian dari kelebihan dan kekurangan OS Android. Semoga info ini bermanfaat.

Dikutip dari berbagai sumber

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung & membaca blog saya, silahkan berkomentar.