(Wajib Tau) Versi-Versi Android Dari Cupcake Hingga Jelly Bean

Setelah kita mengetahui awal mula berdirinya operating system android, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis atau versi-versinya. Saat ini Android memang sedang booming terutama di negara-negara berkembang. Operating system besutan Google ini mampu mengungguli OS populer lainnya semisal, iOS, Blackberry, WindowsPhone maupun Symbian.

Android dikembangkan dengan nama kode yang dinamai berdasarkan makanan pencuci mulut dan penganan manis. Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), dan KitKat (4.4+). Pada tanggal 3 September 2013, Google mengumumkan bahwa sekitar 1 miliar perangkat seluler aktif di seluruh dunia menggunakan OS Android. Berikut versi-versi Android dari Cupcake hingga Jellybean:

Cupcake versi 1.5+
Android muncul pertama kali dengan kode nama Android 1.5 Cupcake. Selama ini cupcake atau kue mangkok memang dikenal sebagai makanan penutup yang cukup populer di sebagian wilayah dunia, termasuk Indonesia. Dengan Cupcake, Google menghadirkan sistem operasi yang memiliki berbagai aplikasi dan widget menarik. Pengalaman baru penggunaan ponsel pun makin kaya dengan kehadiran Cupcake. Android cupcake pertama kali diluncurkan sekitar bulan Mei 2009.

Donut versi 1.6+
Makanan berbentuk bulat dengan lingkaran di tengah ini juga salah satu makanan ringan populer. Saat menghadirkan Android 1.6 Donut, Google mulai memperkaya pencarian. Antara lain pencarian internet berbasis suara, proses searching yang lebih baik daripada versi sebelumnya, mendukung revolusi layar wvga, pencarian kontak, musik, dll.







Eclair versi 2.0+
Android 2.0 ini diambil dari makanan pastry khas Perancis. Di seri ini Eclair memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi layar dengan mengatur letak aplikasi dan widget. Di Eclair juga Google mulai menghadirkan live wallpaper. Beberapa fitur terbaru diantaranya adalah daftar kontak baru yang lebih elegan, peningkatan kecepatan transfer file dengan bluetooth 2.1, peningkatan google map menjadi versi 3.1.2, dll.
  

Froyo  versi 2.2+
Froyo merupakan singkatan dari Frozen Yoghurt. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010. Kecepatan kinerja mesin pada Froyo bisa mencapai 3-5 kali dari versi pendahulunya. Di seri Android 2.2 ini Google menghadirkan Voice Typing untuk mengubah suara menjadi teks, juga Voice Action untuk mengendalikan ponsel dengan perintah berbasis suara. Mampu merekam video dengan HD Quality, bisa meletakan aplikasi ke dalam memory card, kemampuan auto update didalam android market. Selain itu, Froyo juga memungkinkan perangkat untuk USB tethering dan Wifi Hotspot.



Gingerbread versi 2.3+
Android 2.3 ini diperkaya dengan sejumlah sensor baru untuk gaming. Jadi pengguna bisa bermain dengan menyentuh atau touch, tap, juga memiringkan perangkat (tilt). Di Gingerbread pula pengguna mulai bisa lakukan copy/paste, mendukung fitur Near Field Communication, user interface hemat energi, keyboard virtual word selection, power management, app control, serta multiple camera dengan penggunaan kamera depan.



Honeycomb versi 3.0+
Android 3.0 ini didesain khusus untuk perangkat tablet. Di sini pula mulai diperkenalkan fitur "Recent Apps" untuk multitasking. Untuk tampilan antarmuka pengguna, Google juga menampilkan khas perangkat tablet yang besar. Built-in Video Calling Google Talk merupakan salah satu fitur pada Honeycomb.





Ice Cream Sandwich versi 4.0
Google menghadirkan Android 4.0 ini dengan keunggulan pada desain. Selain itu, di ICS pula diperkenalkan Android Beam untuk pertama kali, yang merupakan transfer data via NFC. Kecanggihan lain adalah fitur Face Unlock, yaitu membuka kunci dengan fitur pengenal wajah atau face recognition. fitur ini belum pernah ada pada versi sebelumnya. ICS juga memperkenalkan fitur font baru yang bernama Roboto.



Jelly Bean versi 4.1+
Android yang paling banyak pengguna ini hadir dalam versi 4.1 hingga 4.3, tapi yang 4.3 baru muncul di tablet Nexus 7. Google menyebut Jelly Bean hadir dengan grafis yang lebih lembut dan tajam. fitur-fitur dalam Jelly Bean antara lain penggunaan voice search yang lebih cepat, hadirnya aplikasi Chrome Browser seperti di PC. Selain itu ada pula fitur Google Now yang menghadirkan beragam informasi. Periode Jelly Bean menjadi penanda kehadiran 1 juta aplikasi di Google Play dan telah digunakannya Android oleh ribuan perangkat.

Kitkat versi 4.4
Android 4.4 ini namanya diambil dari brand coklat buatan Nestle. Kitkat merupakan Android versi terbaru yang dirilis sekitar Oktober 2013. Fitur Kitkat diantaranya adalah fasilitas could printing dimana pengguna dapat melakukan printing secara nirkabel dan mengirim perintah ke Laptop/PC. Bisa mengakses kamera dari layar yang terkunci, multitasking yang lebih cepat, dll.







Itulah beberapa versi Android dari Cupcake hingga Jelly Bean. Kita tunggu versi terbaru yang akan dirilis oleh Google.

dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & membaca blog saya, silahkan berkomentar.