Woow.. Inilah 10 Aplikasi Android Untuk Penderita Insomnia

Yang akan kita bahas kali ini tentang beberapa aplikasi Android untuk penderita gangguan susah tidur atau biasa yang kita kenal dengan insomnia. Insomnia menurut wikipedia bahasa indonesia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Kesibukan sehari-hari kadang membuat kita sangat lelah. Bahkan kadang sampai mengganggu pola tidur dan sulit sekali untuk memejamkan mata sekejap saja.

Insomnia atau gangguan susah tidur merupakan sesuatu yang tidak mengenakan. Pada dunia modern seperti sekarang ini, insomnia kayaknya sudah menghinggapi banyak orang. Ada beberapa hal penyebab insomnia atau gangguan susah tidur diantaranya adalah terlalu banyak pekerjaan yang harus dikerjakan. Bisa juga karena kita terlalu berat memikirkan sesuatu dan berbagai sebab lainnya.

Ada banyak jalan yang bisa kita tempuh agar dapat tertidur. Salah satunya dengan cara unik yang satu ini. Apabila Anda adalah pengguna gadget Android, dapat menggunakan aplikasi untuk membantu mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia. Bagaimana caranya? Download aplikasi agar kita dapat tertidur dengan nyenyak. Mungkin tidak langsung menyembuhkan insomnia kita, tetapi setidaknya dapat menciptakan suasana tepat agar kita nyaman dan dapat tidur dengan cepat. Berikut beberapa aplikasi untuk membuat kita lebih cepat tertidur.


1. Nature Sound Relax and Sleep
Dengan mematikan perangkat Android kita saja itu belum cukup. Sebab suara-suara yang mengganggu kadang masih timbul. Kita pun dapat bealih pada cara tidur nyenyak lainnya. Untuk dapat tidur, pikiran kita perlu jernih, bersih, dan rileks agar selanjutnya kita akan terlelap. Untuk cara tidur nyenyak ini, download aplikasi Nature Sound Relax and Sleep melalui google playstore. Dengan aplikasi ini, kita akan mendapatkan kumpulan audio yang bisa merelaksasi pikiran seperti misalnya suara burung, hujan, dan air yang mengalir.

2. Sleep Hypnosis
Ini merupakan cara tidur nyenyak yang menarik. Bagi yang mengalami gangguan susah tidur pasti akan terbantu dengan aplikasi yang satu ini. Sleep Hypnosis akan memberi sugesti yang akan membantu kita rileks.  Gunakan lah aplikasi ini satu atau dua malam dengan memakai headphone lalu fokus ke diri sendiri. Dengan mensugestikan sesuatu ke pikiran tentunya, lambat laun mata akan terpejam.

3. Timely Alarm Clock
Mungkin Anda telah menjalani cara tidur nyenyak yang berbeda? Dan tentunya Anda perlu bangun tidur dengan nyaman juga bukan? Timely Alarm Clock adalah aplikasi yang memberikan sisi unik dalam hal fungsionalitas. Ketika kita telah memasang alarm pada aplikasi ini, maka suara alarm yang berbunyi akan terdengar pelan dan perlahan-lahan akan membuat kita terbangun.

4.Sleep Now!
Aplikasi ini dapat membantu kita tidur dengan simpel. Terdapat 12 suara yang dapat membuat kita tertidur dengan lelap. Suara tersebut termasuk suara dari tempat yang berbeda-beda dan situasi yang berbeda-beda pula. Tentunya kondisi setiap orang berbeda-beda untuk dapat tertidur, jadi kita cukup memilih lokasi dan situasi yang audionya cocok untuk kita.






5. Restful Sleep Deluxe Edition
Aplikasi ini memiliki perbedaan dibanding aplikasi lainnya. Kita bisa menkostumisasi sendiri suara yang ingin kita terdengar. Menarik bukan?









6. Relax and Sleep Plus
Pada aplikasi ini kita dapat memutar lagu selagi memainkan suara latar belakang yang tersedia. Latar belakang suara yang berulang dan membuat ngantuk sepeti suara gitar akustik, suara AC, aquarium, api unggun dan lain-lainnya. Kita juga dapat menyetel timer pada aplikasi ini agar tidak berjalan terus menerus.







7. Epic Sleep Ultra Pro
Aplikasi ini mengandung berbagai macam suara yang sudah diakui bahwa suara-suara tersebut memang berhubungan dengan rasa kantuk dan tidur yang lebih dalam (deep sleep). Tampilannya memang biasa saja tetapi efeknya tidak kalah dibanding aplikasi-aplikasi sebelumnya.







8. Sound a Sleep
Pada sebuah film layar lebar biasanya ada scene yang melambat dan terdapat efek suara yang melemah serta seseorang terlihat tidur terbawa kedalam mimpi. Ide ini kemudian hadir dalam basis sebuah aplikasi yang memiliki banyak efek suara berirama lambat. Aplikasi ini memiliki ide untuk menipu pikiran kita untuk berpikir "ini saatnya tidur".






9. Music Therapy for Sound Sleep
Aplikasi ini memiliki ide yang simple yaitu: musik dapat membantu orang tertidur. Aplikasi ini menggunakan Alpha waves. Alpha waves  sendiri adalah salah satu audio yang memiliki frekuensi 7.5-12.5 Hz yang dapat membuat kita lebih rileks dengan memejamkan mata sambil fokus pada jenis audio ini.






10. Deep Sleep
Aplikasi ini memiliki sederet jenis audio yang pembuatnya percaya bahwa kita akan mudah tertidur lelap dengan mendengarnya. Aplikasi ini membuat kita tertidur lebih cepat dari biasanya sehingga membuat istirahat tidur malam kita lebih banyak.








Tidur yang cukup merupakan sesuatu hal yang penting untuk kesehatan kita. Oleh karena itu dibutuhkan suatu cara tidur nyenyak agar kita dapat tidur pada waktu yang dibutuhkan dan ketika bangun badan akan terasa segar.

Demikianlah artikel 10 aplikasi Android untuk penderita insomnia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & membaca blog saya, silahkan berkomentar.